Home » » NABIRE KOTA SAMPAH

NABIRE KOTA SAMPAH

Unknown | 00.32 | 0 komentar
Kabupaten Nabire yang terletak di teluk cenderawai itu, sudah beberapa kali mengantikan nama dengan berbagai julukan sesuai dengan apa yang sedang terjadi di kota nabire. dulu nabire dikenal kota singkon, setela kota singkong diruba lagi dengan sebutan kota emas dikala itu nabire diisukan banyak emas. masa emas habis sekarang nabire dijuluki kota jeruk manis yang saat ini sedang tren dan terkenal manis, bagaikan semanis perempuan melanesia.

namun dengan kondisi rill saat ini terbalik, tidak seperti dulu dengan sebutan atau juukan yang mengangkat derajad kota nabire. kota nabire yang merupakan kota/kabupaten induk yang telah memekarkan berbagai kabupaten itu tidak menunjukan eksistensinya lagi dalam berbagai bidang. hal kecil namun bisa membawa dampak yang akan merusak citra dan prestise kabupaten nabire itu, bisa dilihat dari berserakannya sampah dimana-mana.

sampah saat ini bisa dilihat diberbagai tempat sepertinya di pusat pembelanjaan atau pasar yang setiap hari banyak pengujung dari berbagai tempat. saat ini sampai seakan sebuah bukit yang tidak bisa di pindahkan. di tempat jualan mama-mama papua samping kiri-kana sampah masih berserakan, tidak ada petugas yang mau membersikan sampah-sampah itu. dinas kebersihan kota hanya perhiasan di dalam birokarasi, datang dan pergi hanya memenuhi kebutuhan pribadi.

terutama sampah bisa dilihat di pasar karang yang semakin hari semakin padat sehingga sampah mengambil alih tempat penjualan mama-mama papua. mama-mama papua tidak pedulih lagi dengan sampah atau tidak penting, bagi mereka (mama-mama papua) yang penting bisa menjual hasil kebun untuk memenuhi nafka hidup dan membiyayai anak mereka yang sedang sekolah. sampah bukan hanya di pasar karang, namun sampah masi banyak sepertinya di oyehe pusat jantung kota yang kerapkai orang mau bepergian harus melewati oyehe.

selain di oyehe sampah masih banyak yang berserakan di kali bobo pusat dimana kali bobo juga menjadi pusat perbelanjaan. selain itu sampah masih full di pasar sore serewini. di sudut kiri-kanan badan jalan serta di dalam pun masih berhamburan baik sampah organik maupun sampah non organik. jika sampah dibiarkan terus maka akan membawa hal-hal yang merugikan tubuh dan akan menggangu kesehatan manusia, terutaman bagi mama-mama papua yang berjualan di atas sampah maupun di samping sampah. dan satu efek buruk, kalau banyak sampah nantinya banyak pengunjung atau pembeli akan rasa malas karena banyak sampah dan bauh kurang sedap atau bauh yang merugikan kesehatan tubuh manusia. dengan demikian penghasilan mama-mama puan akan menurun tidak seperti yang mama-mama papua harapkan.

pemerintah kabupaten Nabire melalui dinas kebersihan umum segera mengambil langka untuk menanggulangi sampah-sampah yang berserakan di pasar-pasar. sudah jelas beberapa pasar terletak di jantung kota seperti pasar karang, pasar oyehe dan pasar kali bobo masi tertumpuk dengan sampah. sampah perlu di bersihkan atau diangkut dengan terek sampah yang sudah ada.

agar orang-orang yang berkunjung atau berpergian ke kota nabire melihat kebersihan dan satu nilai positif. selain nilai positif menjaga kebersihan itu sangat penting untuk masa depan dan berlangsungan hidup, terutama bagi mama-mama papua yang selalu mengais nafka hidup.

"KEBERSIHAN STENGAH DARI IMAN"

Oleh:
Yakobus M. Dekepa
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Share Button
 
Media Merdeka : KNPB NEWS | AMP Jogja | NRPB
Copyright © 2011. YANG TERLUPAKAN - All Rights Reserved
© Copyright 2014 Papua Merdeka
Proudly powered by Blogger